Alat komunikasi adalah hal yang paling di butuhkan oleh manusia,
dengan alat komunikasi manusia bisa memperoleh informasi yang di
butuhkan dari berbagai macam sumber. Pada saat ini manusia terus menerus
berinovasi untuk membuat alat komunikasi secanggih dan seefisien
mungkin demi mendapatkan informasi. Dan saat ini muncullah “smartphone”
yang perkembangannya sangat pesat dan mendapat sambutan meriah dari
masyarakat di berbagai belahan dunia. Nah sekarang pertanyaannya adalah
kenapa smartphone ini bisa sangat digandrungi? Ya jawabannya sangat
sederhana, karena smartphone merupakan hasil inovasi yang merupakan
pengembangan dari teknologi handphone dengan berbagai kelebihan yang
dapat membantu aktifitas penggunanya. Mau tahu lebih detailnya? Silahkan
disimak artikelnya ya
Sejarah Smartphone
layanan internet secara rutin agar smartphonenya dapat berjalan
sesuai dengan fungsinya. Walaupun memang kita perlu akui kalau
kebanyakan masih menggunakannya sebagai alat untuk bersosialisasi
melalui aplikasi sosial media. Disisi lain perangkat ini juga umum
digunakan untuk membantu mobilitas penggunanya dalam hal pekerjaan atau
bisnis. Dari berbagai faktor-faktor yang sudah disebutkan diatas, apakah
ini dapat diartikan sebagai peluang? Mari kita ulas sama-sama dibawah
ya.
Pengaruh Smartphone dalam dunia bisnis
Tanpa disadari pengguna smartphone saat ini juga sudah menjadi target
bagi para pelaku usaha. Ya, hal ini didasarkan pada meningkatnya
pengguna smartphone, gaya hidup hingga kebutuhan mereka yang dilakukan
melalui media tersebut. Salah satu contohnya adalah pemenuhan kebutuhan
melalui transaksi online. Kenapa transaksi online? Karena adanya tingkat
dorongan yang kuat akan kesibukan rutin, aktifitas mobile yang tinggi
hingga kecenderungan sifat ingin serba cepat dan praktis.
Melihat adanya permintaan yang kuat dari para pengguna internet,
termasuk smartphone membuat pebisnis berusaha untuk masuk ke dunia
bisnis ecommerce yang konsepnya mengedepankan kemudahan, kecepatan dan
kesederhanaan dalam bertransaksi dengan menjual segala sesuatu yang
dibutuhkan oleh konsumen. Tidak hanya berhenti disitu, saat ini
perusahaan e-commerce juga membuatkan versi mobile dan aplikasi untuk
smartphone agar mereka dapat lebih menjangkau target pasarnya, dan
berusaha mengintimidasi konsumen untuk terus mengingat mereka melalui
layanan tersebut.
Contohnya, zalora, tokobagus, berniaga, Traveloka, dsb, mereka
merupakan perusahaan e-commerce yang lahir dan berusaha melayani
konsumennya dengan konsep pelayanan online dan juga bisa diakses melalui
smartphone. Perusahaan-perusahaan tersebut nampaknya sadar akan adanya
peluang besar kedepan sehingga mereka berusaha memberi kemudahan
transaksi ke konsumennya dengan membuat berbagai fitur layanan yang
menarik dan bermanfaat. Misalnya Traveloka.com, layanan pemesanan tiket pesawat online terbesar dan terpercaya di Indonesia ini
pada awalnya hanya fokus pada website utamanya, tetapi kemudian mereka
berusaha mengembangkan versi mobile agar konsumen dapat lebih mudah
mengaksesnya melalui smartphone tanpa kesulitan apapun.
Pembuatan website versi mobile yang khusus diorientasikan kepada
konsep sederhana, to-the-point dan ringan tentunya akan membuat konsumen
menjadi lebih nyaman dan mudah dalam bertransaksi. Namun nampaknya
versi mobile seperti yang dibuat oleh pihak Traveloka masih belum bisa
memuaskan konsumennya . Kenapa? Karena mereka ternyata masih ingin suatu
layanan yang lebih mudah lagi, yaitu melalui aplikasi khusus untuk
smartphone. Ya ini memang sah-sah saja, karena mereka dapat dengan mudah
mengakses layanan seperti Traveloka, Zalora, Tokopedia, dll jika
menggunakan aplikasi tanpa perlu membuka browser terlebih dahulu. Dengan
konteks seperti ini, konsumen dapat mengakses layanan yang diinginkan
dimanapun, kapanpun dan dalam situasi apapun sesuai dengan keinginan
mereka. Intinya konsumen menginginkan aplikasi untuk smartphonenya
karena mereka menganggap suatu layanan penting, sering digunakan, dan
disisi lain mereka memiliki aktifitas yang padat sehingga mereka butuh
layanan berupa aplikasi yang diyakini dapat menjadi solusi dari apa yang
mereka butuhkan.
Secara keseluruhan perkembangan smartphone memang menimbulkan efek
positif bagi konsumen dan produsen. Namun di sisi lain, produsen harus
terus berusaha mengembangkan layanan/produknya untuk dapat memenuhi
ekspektasi konsumen. Ini berarti bahwa masyarakat di Indonesia sudah
semakin cerdas, dengan adanya banyak informasi dalam genggaman mereka,
dan mudahnya mendapatkan informasi melalui smartphone membuat pola pikir
konsumen terus berkembang dan tanpa disadari mereka semakin selektif
dalam memilih layanan yang mereka butuhkan. Kedepannya teknologi
smartphone ini tentu akan terus berkembang dan mungkin akan ada lagi
inovasi terbaru yang memungkinkan konsumen dan produsen dapat
berinteraksi dengan lebih mudah dan cepat tanpa adanya batas-batas
tertentu. Jadi, kita tunggu saja kejutan-kejutan terbaru dari hasil
karya manusia kedepannya ya. Terima kasih.
Pada tahun 1999, Mike Lazaridis bisa di sebut orang pertama kali yang
menjadi cikal bakal perkembangan smartphone di dunia. Beliau pertama
yang melakukan inovasi di dunia gadget dengan membuat Blackberry di
perusahaan RIM Canada. Dari sini para perusahaan teknologi di dunia
tidak mau tinggal diam dan ingin berusaha membuat sesuatu hal yang
serupa bahkan lebih baik.
Dengan adanya mindset dan tekad yang kuat, para pelaku bisnis
tersebut berhasil membuat gadget pintar atau smartphone dengan berbagai
jenis dan fungsinya sehingga sekarang tengah membanjiri pasar industri.
Banyak diantaranya menawarkan harga yang sangat terjangkau, mulai dari
ratusan ribu saja, dan hal ini merupakan kabar baik bagi sebagian
masyarakat, khususnya golongan menengah kebawah yang juga bisa ikut
menikmati kemajuan teknologi pada saat ini.
Perkembangannya di Indonesia
Lalu bagaimana dengan perkembangannya di Indonesia? Ya, Indonesia ini
sendiri memang menjadi salah satu target utama para produsen produk
elektronik termasuk smartphone, karena jumlah populasinya yang tinggi
dan sifat konsumennya yang cenderung konsumtif menjadi latar belakang
bagi para perusahaan.
Menurut badan WorldPanel yang mensurvei tentang karakter konsumen di
Indonesia, maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat di Indonesia memang
cenderung menyukai hal-hal yang berbau digital dan perkembangan
teknologi terbaru yang disesuaikan dengan kepribadian masing-masing.
Tidak heran jika saat ini para produsen produk teknologi/elektronik
termasuk smartphone berlomba-lomba untuk menjangkau target marketnya
dengan membuat produk yang sesuai dengan minat dan kebutuhan tersebut.
Selain itu, dorongan teknologi smartphone ini juga mendorong
penggunaan beberapa layanan lainnya, khususnya dalam hal penggunaan
internet. Tentu saja, karena mau tidak mau pengguna smartphone harus
berlangganan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar